Cara Mengatasi Istri Galak Secara Bijak , Resep Mamah Dedeh

Pagi ini saya menonton acara Mamah Dedeh. Tema yang diangkat kebetulan sangat menarik. Temanya adalah istriku galak. Tema ini seakan menjadi oase bagi para suami. Acara tersebut hampir setiap pagi ditayangkan di stasiun ANTV dengan tema-tema yang berbeda. Mamah Dedeh didampingi oleh seorang MC yang sangat dikenal dalam dunia Stand Up Comedy, Abdel.
Ada beberapa pertanyaam ibu-ibu dan penanya via telpon yang menarik untuk saya sampaikan disini. Apalagi jawaban dari Mamah Dedeh sangat fair berlandaskan ayat-ayat Al-Quran yang dikutip. Berikut adalah beberapa tanya jawab yang saya kutip.
“Mah, apa hukumnya jika suami tidak berterus terang dalam penghasilan yang didapatkannya? Sehingga hal ini menimbulkan percekcokan dalam rumah tangga.”
“Dalam Al-quran tidak ada satupun yang mengatur bahwa suami harus berterus terang tentang penghasilan atau gaji yang didapatkan. Yang penting suami harus memenuhi semua kebutuhan rumah tangga.” Itulah jawaban Mamah Dedeh secara singkat dan tegas.
Kemudian ada sorang bapak disebrang telpon yang bertanya pada Mamah Dedeh.
“Mah bagaimana caranya agar istri bisa menuruti suami. Saya harus selalu memarahi istri jika terjadi percekcokan. Bahkan pernah sampai ke pengadilan. Ketika di pengadilan istri saya baru mohon ampun. Saya sudah cukup bersabar menasihati istri. Tapi sepertinya istri saya kok harus selalu dimarahi dulu supaya sadar.”
“Dalam surat An-Nisa disebutkan untuk menasihati istri secara baik-baik. Jika tidak bisa maka pisah ranjang. Jika belum mempan suami boleh memukul istri tapi bukan dengan niat untuk menyakiti melainkan salah satu cara untuk menegurnya.”
Pertanyaam tersebut sempat di kritik salah satu jamaah Mamah Dedeh, karena dianggap menyebarkan aib keluarga. Namun dengan tegas Mamah Dedeh menjawab bahwa tergantung niatnya. Dengan membahas dan mencarikan solusi rumah tangga di stasiun televisi yang disiarkan secara live agar menjadi contoh supaya tidak ada percekcokan lagi antara suami istri. Pasti ada hikmah yang bisa diambil dari contoh-contoh kasus yang dibahas.
Kemudian inilah yang membuat saya sedikit terpingkal-pingkal karena mendengar jawaban Mamah Dedeh yang dikenal lugas.
“Mah bagaimana caranya membahagiakan suami?”
“Membahagiakan suami banyak cara, misalnya memasak makanan yang disukai suami, menerima setiap rezeki yang diberikan suami tanpa komplen dan goyangannya di ranjang” kurang lebih itulah jawaban Mamah Dedeh.
Jawaban yang terakhir itu sempat di pertegas oleh Abdel. “Jadi selain makanan, kebutuhan seks suami juga harus dipenuhi ya mah?” “Betul, kebutuhan suami secara lahir dan batin harus dilayani istri agar suami semakin cinta. Kalau begitu suami pasti betah dan klepek-kelepek deh”
Huahahahahahaha. Saya suka sekali jawaban Mamah Dedeh yang lugas, jelas dan tanpa kompromi.

Tips :
1. Beri Pengertian Kepada Istri
Istri cerewet dan galak biasanya mempunyai alasan tersendiri, mengapa mereka seperti itu. Biasanya karena suami telah melakukan kesalahan pada istrinya sehingga istri pun cerewet. Misalnya, suami pulang terlambat dari kantor dan istri pun mulai mengomel dan menuduh suaminya macam-macam. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini sebaiknya suami memberikan pengertian kepada istri berupa penjelasan mengapa pulang terlambat atau sebelumnya beri tahu kalau hari ini akan pulang terlambat. Dengan begitu, istri akan mengerti suaminya dan tidak akan terjadi salah paham.

2. Lakukan Apa Yang Diminta Istri Dengan Batasan Tertentu
Sebagai seorang istri wajar meminta sesuatu pada suaminya. Yang tidak wajar adalah ketika istri meminta kepada suami di luar batas kemampuan sang suami. Misalnya, istri meminta mobil baru padahal gaji suaminya tidak cukup untuk itu. Jangan turuti kemauan istri yang berlebihan ini, namun tetap harus diberi pengertian supaya istri tidak kecewa. Dan jika suami bisa memenuhi permintaan istri lakukanlah namun tetap ada batasannya. Hal ini dilakukan supaya istri tidak manja dan tidak selalu tergantung pada suami.

3. Perlakukan Istri Secara Istimewa
Wanita senang jika diperlakukan istimewa. Begitu juga untuk menaklukkan istri, lakukanlah istri dengan istimewa. Luangkan waktu untuk berdua dengan istri. Misalnya, saat libur kerja bantulah istri menyelesaikan pekerjaan rumah dan cobalah memasak makanan kesukaan istri. Katakan pada istri Anda, kalau hari ini adalah hari spesial untuknya. Karena ini hari spesial, jangan lakukan secara rutin. Supaya Anda tidak dicap sebagai suami takut istri.

4. Bersikap Tegas dan Dewasa
Sebagai seorang kepala rumah tangga, seorang suami harus tegas dan dewasa. Baik dalam pemikiran dan perilakunya. Ketika Anda melarang istri melakukan suatu kegiatan di luar rumah, maka berikan alasannya dan katakan pada istri kalau keputusan Anda tidak dapat diganggu gugat. Tegas bukan berarti marah atau galak, melainkan teguh pendirian. Dengan alasan yang Anda berikan, istri mengerti kemauan Anda. 

Semoga bermanfaat yaa kawan-kawan

sumber1
sumber2

0 nhận xét:

Đăng nhận xét